Perbedaan Brainwave Binarual Beat, Monarual Beat (Isochronics), dan Subliminal messages

Binaural Beats
Prinsipnya: Jika 2 gelombang frekuensi f1 dan f2 (telinga kanan dan kiri) digabungkan menjadi satu, maka dalam aturan frekuensi gelombang otak Binaural Beats akan mendapatkan hasil sebagai berikut:


  • Frekuensi dasar adalah f1 dan f2.
  • Perbedaan dan jumlah dari dua frekuensi dasar (f1 - f2).

Frekuensi f1 dan f2 adalah frekuensi dasar. Sedangkan Binaural Beats diproduksi dengan cara otak menggabungkan dua nada dasar ini (f1 dan f2). Penggabungan oleh otak menggunakan frekuensi f1 dikurangi f2, atau frekuensi lebih besar dikurangi oleh frekuensi yang lebih rendah. Penggabungan ini menghasilkan gelombang yang disebut Wave Gamma, Beta, Alpha, Theta atau Delta. Misalnya f1 = 400 Hz dan f2 = 410 Hz, kemudian f = 10 Hz. Dua gelombang yang masuk ke otak dari sampel direspon oleh otak sebagai gelombang Alpha.

Lebih mudah seperti ini: Jika telinga kanan Anda mendengarkan gelombang audio dengan frekuensi 410 Hz, dan telinga kiri Anda mendengarkan frekuensi 400 Hz, maka otak Anda menangkap gelombang dengan frekuensi 10 Hz (410 Hz - 400 Hz = 10 Hz).

Binaural Beats membutuhkan otak untuk memproses frekuensi yang diterimanya. Binaural Beats ditemukan dan diselidiki untuk pertama kalinya oleh Heinrich Wilhelm Dove pada tahun 1839.

Menggunakan Terapi Gelombang Otak dengan Binaural Beat membutuhkan dua headphone stereo (kiri dan kanan) atau pemasangan pengeras suara (speaker) yang dipasang tepat di sebelah kiri dan kanan sehingga otak merespon dengan cukup baik untuk hasil yang maksimal.

Monaural Beat (Isochronics)
Karena sistem Binaural Beat membutuhkan dua headphone stereo (kiri dan kanan) atau pemasangan pengeras suara (speaker) yang dipasang tepat di sebelah kiri dan kanan, sehingga otak merespon dengan cukup baik, maka sistem ini kurang nyaman bagi sebagian orang . Kemudian metode lain yang lebih baik dipilih, yaitu dengan sistem Monaural.

Baik nada Binaural dan Monaural sama-sama menggunakan dua nada dengan frekuensi berbeda, hanya saja, di Monaural, kedua nada digabungkan sebelum masuk ke telinga, jadi, kedua suara yang dilepaskan dari speaker stereo / headphone kiri dan kanan adalah sama. Sedangkan di Binaural, suara yang dikeluarkan oleh speaker stereo kiri dan kanan berbeda dan akan digabungkan oleh otak.

Jadi perbedaan antara monaural dan binaural adalah: menggabungkan dua suara menjadi satu nada dalam Binaural Beats dilakukan oleh otak, sehingga perlu headphone atau speaker stereo, sementara penggabungan dengan Monaural dilakukan sebelum suara masuk ke telinga, jadi tidak ada headphone diperlukan, tetapi headphone membantu untuk menutup kebisingan luar saat mendengarkan.

Stimulasi gelombang otak menggunakan sistem Monaural memiliki kelebihan, yang tidak memerlukan headphone stereo. Cukup speaker mono / headphone atau hanya satu headphone atau mono-speaker hasilnya sama dengan dua headphone stereo jika menggunakan sistem binaural.

Subliminal messages
Subliminal messages (Pesan bawah Sadar) adalah pesan yang ada di gelombang yang Anda dengar yang "hanya" didengar dan dapat ditangkap oleh otak bawah sadar. Ketika Anda mendengarkan suara gelombang, ada pesan positif yang disampaikan oleh suara gelombang yang ditangkap oleh otak bawah sadar. Berapa kali Anda mendengarkan, pesan dari gelombang akan disimpan untuk waktu yang lama atau selamanya di otak bawah sadar Anda. Ketika Anda mengubah gelombang otak Anda, maksud Anda membuat perubahan. Otak adalah gerbang untuk melakukan perubahan. Begitulah cara terapi ini bekerja.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan Brainwave Binarual Beat, Monarual Beat (Isochronics), dan Subliminal messages"

Post a Comment